Sesungguhnya kami belajar dari kalian..

Sesungguhnya kami belajar dari kalian..

Siang ini mendengar kabar yang membahagiakan hati sekaligus terharu membacanya ..berawal dari status jejaring sosial yang dibuat bu Dr.Elliyani seorang dosen sekaligus ketua penilitian ditempatku bekerja…

Sudah dua mahasiswa penerima beasiswa PHKI B datang menunjukkan perolehan IPK nya semester ini, yang satu malah bilang “ampun Bu, nilainya belum maksimal”, dengan wajah penuh penyesalan, padahal IP yang ditunjukkan sudah di atas 3,65 cum laude.. alhamdulillah ya Allah, puji syukur kepadaMu, semoga semangat kerja keras dan sikap rendah hati terus ada walau nanti keadaan telah berubah .. teringat seorang asesor bilang pada saya selaku PIC program ini,”Bu Eli nambah kerjaan saja, gak mudah lho mendampingi mereka sampai selesai..”, tapi kebahagiaan saat mereka menunjukkan prestasinya tak ternilai oleh apa pun.. GBU my dear children, I know your parents will be happy and proud of you..

 Mungkin status yang terlihat biasa bagi orang-orang yang tidak mengetahui awal ceritanya.. Tapi bagiku, sungguh sangat-sangat bergemuruh didada rasanya saat membaca. Meskipun tak pernah mengenal para penerima beasiswa ini secara dekat sekali (hanya bertatap muka dan ngobrol pada saat mereka menerima beasiswa yang diberikan tiap bulannya) tapi sedikitnya mengetahui background dan hidup mereka dari cerita Ibu Elliyani pada saat melakukan survey ke rumah mereka tinggal dan wawancara dengan keluarga dan para tetangga mereka.

Para penerima beasiswa dan ketua Program studi

Ke sepuluh penerima beasiswa ini dipilih berdasarkan prestasi akademik dan taraf hidup mereka (yang masuk dalam kategori dibawah garis kemiskinan) tetapi faktor utama yang memepengaruhi pemilihan mereka adalah semangat belajar serta semangat ingin merubah dan mengangkat taraf hidup mereka ke arah yang lebih baik. Latar belakang merekapun beragam dari yang merupakan yatim /piatu, keluarga tukang cuci, keluarga kuli bangunan, tukang jahit dll.

Program beasiswa ini merupakan salah satu program yang terdapat pada Program Hibah Kompetisi-Institusi (PHKI) Tema B Direktorat Jendral Perguruan Tinggi (DIKTI) yang dimenangkan oleh Oleh Universitas Mercu Buana dan yang bertindak sebagai PIC Program tersebut adalah Ibu Dr.Eliyani.

Para penerima program beasiswa ini dibebaskan biaya masuk perkuliahan, serta diberikan uang saku dan buku per tiap bulannya selama 4tahun/8semester (masa studi) yang nominal per anaknya @625.000. Pada Tiap akhir semester mereka wajib menyerahkan hasil Indek Prestasi mereka kepada ketua PIC Bu eliyani.  Selalu ada cerita menarik pada saat mereka menyerahkan hasil nilai akademik mereka (seperti yang suka diceritakan bu elly kepada saya),dari mulai kesulitan pemebelajaran, temen-temen, kisah cinta sampai kehidupan keluarga.

Yang pasti semangat mereka masih sama pada saat pertama kali wawancara seleksi beasiswa, semangat yang mungkin kita merasa malu dan minder sendiri mendengarnya, semangat belajar, semangat kerja keras,semangat perubahan dan keinginan mengangkat derajat keluarga mereka ke arah yang lebih baik, semangat membahagiakan orangtua dan keluarganya,  dan yang lebih hebat lagi mereka menularkan semangat-semangat mereka kepada teman-teman kuliahnya (jadi tutor diantara mahasiswa yang lain) dan berbagi ilmu tanpa kehilangan sifat tawadhu/rendah hati mereka.

Dan seperti harapan dari ketua PIC ibu Eliyani, semoga mereka tetap rendah hati, bersemangat dan berbudi luhur walaupun keadaan berubah nanti. Karena menurut saya, mereka sebenarnya para penerus yang diharapkan bangsa indonesia, sosok cerdas dan haus ilmu pengetahuan, semangat berbagi dan rendah hati serta berbudi luhur. Tetap semangat yah, karena kami selalu mendukung kalian dan karena kami sesungguhnya belajar dari kalian.

Mereka (para penerima beasiswa) yang membanggakan, Tim PHKI (saya jilbab pink ^__^) dan Asesor Direktorat Perguruan Tinggi (Dikti)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s