BACA dulu..Baru TANYA yah… ^__^

Malu bertanya sesat dijalan.  Mungkin karena peribahasa ini, kita cenderung lebih sering bertanya daripada mencari tahu sendiri. Saya sering sekali menemui mahasiswa yang malas mencari sendiri, meskipun berkali-kali disarankan  untuk: baca dulu print out manual books yang dibagikan untuk informasi pendaftarannya, buka website-nya dan download panduanya pembelajarannya untuk informasi lebih lengkap, tapi tetap saja melemparkan pertanyaan yang jawabannya sudah ada di web tersebut. . Ditambah lagi banner-banner yang kami pasang ditiap lorong-lorong fakultas dan Biro Terkait mengenai informasi perkuliahan e-learning ini. Tapi tampaknya Budaya instan dan tidak mau repot baca ini melekat di sebagian besar mahasiswa/pelajar bahkan mungkin saya juga.

Yang lebih saya aneh lagi, mereka menanyakan informasi sederhana dan ‘klasik’  yang menurut saya tidak perlu ditanyakan klo kita membaca dan memperhatikan semua informasi yang telah dipublikasikan secara jelas seperti alamat website elearning-nya…yang jawabannya sebenarnya sudah ada di depan mata. Yah… mungkin sekilas sama kali yah alamat website perkuliahan e-learning untuk kelas reguler (http://elearning1.mercubuana.ac.id) dengan e-learning kelas karyawan (http://elearning.mercubuana.ac.id). Tapi setelah kita masuk ke dalam webnya banyak kok perbedaaannya dantara lain keterangan situs yang dan tampilan gambar website yang secara jelas berbeda, bahkan dipanduan e-learningpun sudah jelas gambarnya.

Halaman Utama Website e-learning Kelas Karyawan

Halaman Utama Website e-learning Kelas Karyawan

Halaman Utama Website e-learning Kelas Reguler

Halaman Utama Website e-learning Kelas Reguler

Kurang Jelas atau Malas Membaca..??!!

Tapi, saya lebih sering heran daripada ‘cape deee’-nya… Apa kurang jelas keterangan dan panduan e-learning yang saya berikan?! Berawal dari keheranan itulah, saya menangkap sebuah pesan positif. Saya mulai instropeksi.

  1. Mungkin keterangan atau panduan-panduan yang saya berikan memang kurang jelas bagi Mahasiswa. Meskipun menurut saya sudah sangat jelas. Hal ini mendorong saya untuk mengadakan perbaikan. Memperjelas keteranganwebsite, kebijakan/informasi mengenai e-learning itu sendiri secara detail, dan tata cara/prosedur pembelajaran kuliah secara online ini . Mengingat yang sedang saya jalankan adalah perkuliahan e-learning yang notabene, mempunyai banyak keterbatasan. Perkuliahan dan komunikasi jarak jauh, serta sistem pembelajaran tidak bisa di lihat dan disampaikan secara langsung.
  2. Setiap manusia dikaruniai daya berpikir dan pengalaman berbeda-beda. Ada yang cepat menangkap/mengerti, ada yang harus dijelaskan berulang-ulang, ada yang sudah khatam cara penggunaan internet, ada juga yang sama sekali belum pernah mungkin memakai di internet, bahkan mengenal internet saja baru kemarin sore…😉
  3. Mengakses internetnya lewat Warnet , kemungkinan akses mereka terbatas. Untuk yang satu ini saya bisa memaklumi.
  4. Kurangnya sosialisasi dan trainning bagi mahasiswa secara langsung sebelum perkulihan dimulai.
Setelah memahami hal-hal tersebut, saya mulai bisa slow down ketika menanggapi pertanyaan ‘klasik dan sederhana’. Dari hati yang terdalam, saya mengakui dan berterimakasih…. berkat pertanyaan-pertanyaan ‘klasik dan sederhana’ tersebut, saya mengalami peningkatan dan perkembangan (di berbagai bidang, secara pengetahuan mengenai sistem ini maupun strategi penyampaian ), ilmu saya juga bertambah. Karena dituntut untuk memikirkan sebuah jalan keluar yang mudah dimengerti para mahasiswa dan dosen.
Sekarang masalahnya….keterangan sudah jelas, tata cara sudah ada, line telepon dan admin support YMesseger  juga disediakan untuk informasi jika ada kesulitan.  Tapi para mahasiswa tetap mengajukan pertanyaan ‘klasik’. Kalau seperti itu, dia yang kebangetan karena malas baca atau saya yang masih kurang dalam memberi keterangan?!  Mari budayakan membaca ‘aturan pakai’ terlebih dahulu sebelum bertanya. Selain ‘membantu’  para admin dan pengelola sistem, juga demi meningkatkan kualitas diri anda sendiri… Sekali lagi, dengan penuh kerendahan hati… saya minta maaf jika ada pihak yang merasa tersinggung, dan tetaplah bertanya jika memang benar-benar belum mengerti🙂

Leave a Reply

