Sambal Tumpang..

Saya belum pernah mendengar soal sambal tumpang sebelumnya sampai saya kenal suami saya yang asli kediri….

Penasaran juga sama masakan favorit suami saya yang satu ini, akhirnya searching-searching di ‘mbah Google’ tentang si sambal tumpang..

Ternyata Bagi orang kediri, sambal tumpang merupakan makanan favorit yang tidak bisa ditinggalkan atau bisa disebut “Makanan pendamping sunnah mu’akad” dari “makanan wajib” di Kediri. Makanan wajibnya Pecel.

Menurut suami saya, disamping rasa dan harumnya yang khas dan unik…sambal tumpang juga jarang didapatkan di daerah lain. Satu lagi yang membedakan dari makanan ini, yaitu efeknya yang sangat menyehatkan bagi pencernaan kita karena memudahkan Buang air besar…hingga tuntas (hihihi..) karena terbuat tempe kemarin atau tempe semanggit.

tempe semangit

Sliced tempe (picture from Wikipedia)

Masakan sambal tumpang ini biasanya disajikan dengan nasi hangat, pecel sayuran dan rempeyek sebagai pelengkapnya. Cuma, untuk membuat Sambel Tumpang ini kalo di Jakarta dan sekitarnya agak susah cari bahan dasarnya (tempe busuk) karena rata-rata tempe di sini dibuat dengan dicampur jagung, dan ternyata susah terjadi pembusukan. Dari pengalaman saya yang sudah-sudah, beli tempe yang dibungkus daun pisang itu tempenya pasti bagus karena bahan asli kedelai (bukan campuran dengan jagung). Lalu, untuk membusukkan silakan disimpan dalam tas plastik ditutup 2-3 hari maka jadilah tempe semangit.

Buat Yang mau langsing, tapi males diet juga disarankan nyoba masakan ini… karena unsur2nya kebanyakan sayur2an… jadi pasti gak bakal menambah beban lemak di tubuh, dan metabolisme terjamin lancar….

Bahan-bahannya :
2 potong tempe busuk/ bosok ( besarnya sekitar setelapak tangan)
2 potong tempe waras ( tempe yang belum busuk)
Santan dari ½ butir kelapa

Bumbu –bumbu :
3 butir bawang putih
6 butir bawang merah
6 buah cabe merah
Cabe rawit sesuai selera ( mau pedas atau tidak)
1 cm kencur
2-3 cm lengkuas
Daun jeruk secukupnya
Daun salam secukupnya
1 butir jeruk purut
Gula dan garam secukupnya

Sayur-sayuran yang direbus :
kacang panjang
Touge
Bayam/kangkung.

Cara mengolah :
• Rebus 500 ml air di panci sampai mendidih, lalu masukkan semua tempe dan bumbu kedalamnya. Rebus sampai airnya tinggal sedikit dan berbau harum.
• Tiriskan tempe dan bumbu-bumbu, lalu haluskan bersama-sama, kecuali daun salam dan lengkuas. ( lengkuas dipukul2 sampai gepeng, lalu dikembalikan ke dalam panci, daun salam biarkan tetap didalam). Tempe yang waras jangan terlalu halus menghaluskannya, biarkan butir-butir kedelainya masih kelihatan.
• Setelah tempe dan bumbu dihaluskan,masukkan kembali semuanya ke dalam panci. Masukkan santan, dan rebus kembali sampai mendidih dan bumbunya meresap.
• Tambahkan gula dan garam secukupnya.
• Hidangkan dengan rebusan sayur dan lalapan plus rempeyek.

selamat mencoba…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s