Bubur Sumsum…

Alkisah, disuatu hari mas apris suamiku terkena radang tenggorokan  dan demam ditambah lagi kesulitan menelan semua makanan .. kasian ngeliatnya..makannya harus hati-hati dan terbatas..pdahal dia doyan banget sama makan..🙂

Bikin makanan apa yah, yang gampang ditelan,lezat dan bergizi.. akhirnya aku bikinin bubur sumsum deh..

Dan ternyata bubur sumsun ini ada filosofinya loh dalam bahasa Jawa, sumsum artinya kekuatan tubuh manusia. Sehingga Bubur Sumsum ini selalu hadir dalam upacara selamatan dan biasanya disajikan untuk mereka yang sedang sakit…

Bubur sumsum ini merupakan salah satu makana sehat juga kan.. Bahan-bahannya mudah di dapat, buatnya apalagi.. nggak pake capek sedikitpun,,..sederhana sekali..

Resep Bahan untuk Bubur :

  • 3 lembar daun pandan, sobek-sobek, buat simpul
  • 750 ml santan dari 1 butir kelapa (aku pakai 300ml kara + 450 air)
  • 100 gram tepung beras
  • Setengah(1/2) sendok teh garam

Resep Bahan kuah Gula Merah/Kinca Bubur Sumsum:

  • 250 ml air
  • 200 gram gula merah,  diiris halus
  • 50 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan, di buat simpul

Cara Membuat kuah gula merah/kinca.

  1. campur semua bahan kuah,
  2. rebus sampai kental,
  3. kemudian saring.
  4. Sisihkan.

Cara Membuat bubur sumsum :

  1. Campur tepung dan garam dengan sebagian santan.
  2. Dengan api sedang dan diaduk-aduk, didihkan sisa santan dengan daun pandan. Tuangkan cairan tepung, aduk sampai kental dan matang.
  3. Hidangkan dengan sirop gula merah secukupnya

Dan bubur sumsum sudah bisa dihidangkan…

Dilihat dari bahan-bahannya pun memang tidak ada kandungan kimia artinya bubur sum-sum ini baik dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk dari orang dewasa maupun anak kecil. Dan yang pasti cocok sekali buat mereka yang terkena radang tenggorokan..

Selamat Mencoba and Happy Cooking…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s