Bakwan..

Yang ini adalah cemilan pas weekend kemaren, kalo bakwan…hhmmm…orang serumah nggak da yang nolak, mau itu bakwan udang,bakwan jagung atau bakwan sayuran. Selain bahan-bahan pembuatannya murah, bikinnya juga simple kok, makanya jadi menu andalan banget..hehhehe.

Sebenarnya sih gak usah repot-repot berkutat didapur,tinggal beli di penjual gorengan. Tapi kalo mau yang versi sehatnya harus bikin sendiri. Gak pake penyedap,minyaknya pun baru. Paling enak makan bakwan  pake sambel kacang atau pake cabe rawit atau bisa juga pakai saus sambal kemasan.

Bakwan Jagung

Bahan-bahan:
2 buah jagung manis, sisir kasar
2 batang daun bawang, iris halus
5 buah cabai rawit, iris halus
3 butir telur, kocok sebentar
200 ml air
100 gram tepung terigu
50 gram tepung beras
2 batang daun seledri, iris kasar
minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sendok teh lada halus
1 sendok teh garam halus

Cara membuat:

  1. Campur jagung manis, tepung terigu, tepung beras, daun seledri, daun bawang, cabai rawit, telur, air, dan bumbu halus, aduk rata.
  2. Siapkan pan dadar kecil, tuang 2 sdm adonan bakwan, lebarkan bentuk bulat. Masak sampai bakwan menyatu.
  3. Panaskan minyak, masukkan bakwan jagung, goreng sampai bakwan berwarna kuning kecokelatan. Angkat tiriskan.
  4. Sajikan bakwan dengan cabai rawit.

Bakwan Udang  Sederhana

Bahan-bahan :
300 gr tepung terigu
Udang secukupnya
1 btg daun bawang di iris halus
#tambahakan bahan-bahan dibawah ini untuk resep bakwan jagung sayur#
3 buah wortel di iris halus
¼ kol di iris halus
1 btg daun bawang di iris halus
1 butir telur
500 ml air ( bisa pakai santan )

Bumbu halus :
3 butir bawang merah
3 butir bawang putih
3 butir kemiri
1 sdt ketumbar
1 ruas kunyit (jika suka)
1sdt gula
¼ merica
1 ½ sdt garam
Penyedap secukupnya (saya tidak pakai )

Cara Membuat :

  1. Campur dalam wadah, terigu kol, wortel, daun bawang, telur, bumbu halus dan air dan aduk sampai rata.
  2. Panaskan minyak dalam wajan, ambil 1 –  1 1/2 adonan, goreng hingga kuning kecoklatan.
  3. Angkat dan sajikan

Bakwan Aneka Sayuran

Bahan-bahan:
1 bh wortel,potong korek api
100 grm touge
100 grm kol,iris tipis
2 batang daun bawang,iris tipis
tepung terigu
tepung beras

Bumbu halus :
1 sdm ketumbar
4 siung bawang putih
1/4 sdt merica
garam
gula pasir

Cara membuat :

  1. Campur tepung terigu dan tepung beras,tambahkan air secukupnya hingga menjadi adonan yg cukup kental.
  2. Tambahkan bumbu halus, aduk rata
  3. Masukan sayuran,aduk diamkan beberapa saat.
  4. Goreng adonan hingga kecoklatan. Bakwan sayur siap dihidangkan.

Dan….ternyata untuk membuat sebuah masakan yang enak tidak harus dengan bahan-bahan yang banyak dan ribet. Karena ternyata yang simple pun juga bisa enak…. selamat mencoba teman-teman

–Happy Cooking–

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s