Favorit kami: Upin & Ipin…

Lucu, sederhana dan penuh pelajaran.. itulah kesan saya setiap nonton film kartun ini.. Walaupun sudah diputar berulang kali, saya tetap tertarik untuk menonton acara ini, walaupun terkadang gara-gara keasyikan menonton acara ini saya dan suami jadi agak sedikit terlambat menuju kantor.. hehhehe (karyawan teladan   yah.. :D).

Saya begitu menikmati setiap episode per episodenya , karena banyak pelajaran yang bisa kita petik dari acara ini. Cerita-cerita yang diangkat sederhana saja dan kebanyakan mengambil topik kehidupan keseharian anak-anak, misalnya cerita tentang bermain sepeda, mengosok gigi,  berpuasa, ayam yang hilang, sepak bola, hari ibu dan masih banyak lagi.

Menurut saya sendiri, kehadiran film upin dan ipin merupakan salah satu alternatif tontonan yang bermutu bagi anak-anak indonesia yang dibombardir oleh film-film yang tidak logis, tidak sesuai dengan realita, skenario asal-asalan hanya mengedepankan unsur humor dan tapi terselubung kekerasan  (contoh “Tendangan Si Madun”,”biang kerok” dan “Fathiyah”).

Maaf yah, bukan saya mencela buatan produk lokal sendiri dan membanggakan produk tetangga.. hanya saja ngenes dan kasian rasanya melihat tontonan anak-anak kita jaman sekarang ini.

Upin&Ipin memang bukan tokoh yang pembasmi kejahatan serta menegak kebenaran dengan kekuatan fisik seperti madun,kian santang atau naruto. Tetapi mereka mampu menyampaikan pesan-pesan mulia dalam setiap cerita. (Lagian, kita juga tidak berhArap anak-anak kita jadi pendekar atau polisi semuakan yah… hehhehe. )

Teman Upin&Ipin sekolah merupakan campuran dari berbagai ras dan etnis yang ada di Malaysia, Mei-Mei dari etnis Chinese, Jarjit Singh dari etnis India bahkan orang Indonesia juga terwakili dalam diri Susanti. Ini menunjukan keragaman budaya yang ada di Malaysia, serta sudah terjadi perpaduan antar ras,etnis dan agama hampir tidak ada jarak permisah diantara mereka.

Semoga PH dan stasiun Televisi Indonesia bisa membuat tontonan sejenis ini  yang mengangkat dan membuat cerita tentang keseharian anak-anak di Indonesia… (bukan sinetron yang banyak adegan persaingan antar genk, ibu tiri atau  cinta-cinta-an). Padahal banyak cerita rakyat atau mungkin permainan-permainan khas dari Indonesia yang menarik kalau diangkat menjadi cerita dengan berlatar belakang sederhana…

Kembali lagi mengenai film upin & ipin……
Satu lagi menurut saya yang jadi daya pikat upin dan Ipin ini selain jalan cerita sederhana dan mengangkat tema berdasarkan kisah/cerita/pengalaman anak-anak sehari-hari. Adanya karakter yang kuat dari masing-masing tokohnya, upin&ipin, teman-temannya dan lain-lainnya menjadi unsur yang bikin tambah menarik…

1. Upin & Ipin

upinUpin & Ipin adalah dua orang saudara kembar asal Melayu yang tinggal bersama kakak perempuan dan opah (nenek) mereka dalam sebuah rumah di Kampung Durian Runtuh. Mereka berdua kehilangan kedua ibu bapak sewaktu mereka masih bayi.

abt_ipin01Upin lahir lima menit lebih awal dari Ipin dan oleh karena itu memandang serius peranannya sebagai kakaknya Ipin. Upin lebih pandai bersuara dan menjadi tokoh utama di balik perbuatan nakal yang dilakukan oleh mereka berdua. Ipin lebih periang dan pandai dalam pembelajaran dibandingkan dengan kakaknya dan gemar makan ayam goreng. Ipin juga cenderung sering mengulang satu kata menjadi tiga kali dalam satu kalimat, khususnya “Betul betul betul”.

Untuk membedakan saudara kembar yang berkepala botak ini, Upin memiliki sehelai rambut di kepalanya dan selalu memakai baju kuning yang tertulis huruf U. Sementara Ipin tidak memiliki rambut, memakai baju biru yang tertulis huruf I, dan selalu memakai kain merah pada lehernya.

2. Kak Ros
kak rosKak Ros merupakan kakak sulungnya Upin & Ipin. Dari luar dia nampak galak tetapi sebenarnya ia adalah seorang kakak yang penuh kasih sayang. Dia suka mengambil kesempatan untuk mempermainkan adik-adiknya.

3. Opah
opahMak Uda merupakan neneknya Upin, Ipin dan Ros. Beliau berhati murni dan sering memanjakan Upin & Ipin. Ia mengetahui banyak hal duniawi dan keagamaan. Ia lebih sering dipanggil Opah.

4. Cikgu Jasmin
Cikgu Jasmin ialah guru kelas Upin & Ipin dan kawan-kawan di Tadika. Pada sebuah episode bernama “Adat”, dia ketahuan tidak berpuasa ketika bulan Ramadan dengan sebab yang tidak jelas. Mungkin karena sedang datang bulan. Walau pun begitu, Cikgu Jasmin tetap memainkan peranan sebagai seorang tenaga pengajar yang luas pengetahuan, berdedikasi dan dekat dengan murid²nya.

5. Jarjit Singh
Jarjit adalah seorang anak-anak laki-laki berketurunan India Punjabi. Meskpipun sebaya usianya dengan teman-teman sekelasnya yang lain tetapi suaranya besar seolah-olah sudah dewasa. Jarjit juga dikenali karena kepandaian berjenaka dan berpantunnya, khususnya pantun dua baris yang bermula dengan “Dua tiga”. Ketika diperkenalkan dulu, Jarjit seolah-olah disisihkan ketika mencoba untuk ikut bermain dengan yang lainnya, tetapi lama-kelamaan teman-temannya membiasakan diri dengan sifatnya Jarjit ketika bermain.

fizi 6. Mohammad Al Hafezzy (Fizi)
Fizi adalah salah satu temannya Upin & Ipin. Dia bersifat penuh keyakinan dan amat dimanjakan oleh orangtuanya. Kadang-kadang dia lebih kelihatan suka menyombongkan diri dan mengejek, terutamanya memanggil Ehsan dengan julukan “Intan Payung” (anak manja). Sesekali Ehsan didapati menunjukkan sikap mengecut, tetapi sebenarnya baik hati dan dekat orangnya.

ehsan7. Ehsan bin Azaruddin
Ehsan ialah sepupunya Fizi yang tinggal disebelah rumahnya. Dia juga menyandang jabatan sebagai “ketua kelas” dalam ruang kelas Upin & Ipin di tadika, dengan beralaskan botwie pada pakaian sekolahnya sebagai bukti. Meskipun suka makan, menyendiri dan cerewet, dia tetaplah seorang kawan setia. Fizi suka memanggilnya “Intan Payung”.

mei mei8. Mei Mei
Mei Mei merupakan yang seorang keturunan Cina yang sopan, rajin, dan waras sekali pemikirannya di kalangan kawan-kawan Upin dan Ipin. Mei-Mei adalah anak terpintar di kelasnya. Dalam musim pertama Upin & Ipin, meskipun berketurunan Cina dan bukan beragama Islam,Melainkan Agama Konghucu. Mei Mei sempat mengingatkan Upin dan Ipin agar ‘tidak membangkitkan kemurkaan Tuhan mereka’ dengan tidak berpuasa.

9. Ismail bin Mail
Mail merupakan yang paling rajin di kalangan kawan-kawan Upin & Ipin, bukan saja di sekolah, bahkan juga gigih mencari rezeki dengan membantu ibunya menjual ayam goreng. Kadangkala dia juga melibatkan diri dalam perbuatan nakal saudara kembar ini tetapi gegabah dan sulit memberi tumpuan. Mail diperkenalkan dalam seri Setahun Kemudian, ketika dia sulit untuk menunaikan ibadah puasa walaupun sudah cukup umur tetapi karena dia juga membantu ibunya menjual makanan di Pasar Ramadan. Mail seorang anak yang mempunyai jiwa bisnis dalam dirinya. Dia suka sekali menjual apa saja kepada teman temannya , gaya bicaranya terlihat malas sekali tetapi dia pintar sekali berhitung.

susanti10. Susanti
Susanti merupakan anak perempuan yang berasal dari sebuah keluarga yang berasal dari Jakarta, Indonesia. Baru tinggal di Malaysia ini, dan belum terbiasa dengan obrolan anak-anak lainnya.

dzulijat11. Dzul dan Ijat
Dzul & Ijat merupakan dua orang teman sekelas Upin & Ipin yang sering dilihat berdampingan. Ijat tidak pandai berbicara sehingga memerlukan bantuan Dzul untuk “menterjemahkan” kata-katanya. Walaupun Dzul dan Ijat jarang keluar mereka tetap teman baik Upin Ipin.

devi12. Devi
Devi ialah anak perempuan berbangsa India yang bersekolah pada tadika yang sama dengan Upin & Ipin. Walaupun tidak akrab dengan mereka berdua, namun Devi bersahabat dengan Mei Mei.

Penduduk Kampung Durian Runtuh yang lain

tok dalang13. Kakek Dalang
Isnin bin Khamis, atau lebih dikenali sebagai Tok Dalang merupakan ketua penghulu Kampung Durian Runtuh dan dalang wayang kulit yang berkali-kali menjuarai pertandingan wayang kulit (seperti yang dilihat pada koleksi piala di rumahnya). Seperti Nenek, Kakek Dalang banyak diminta pertolongannya oleh Upin, Ipin dan kawan-kawan, di samping memberi nasihat kepada mereka. Kakek Dalang mempunyai beberapa batang pokok rambutan untuk dijual buahnya, dan seekor ayam jantan peliharaan bernama Rembo.

muthu14. Muthu
Muthu disapa sebagai Uncle Muthu oleh para pemuda di kampung, merupakan satu-satunya penjual makanan di Kampung Durian Runtuh dan bapaknya Rajoo. Antara makanan dan minuman yang dihidangkan di warungnya ialah nasi dagang, nasi goreng, nasi ayam, teh tarik, Milo dan sebagainya. Dalam arti kata lain, tidak ada bedanya gerai Muthu dengan restoran yang dijumpai di kota.

15. Rajoo
Rajoo ialah anak laki² kepada Muthu seorang kawan karib Upin & Ipin yang lima tahun lebih tua berbanding saudara kembar itu dan oleh karena itu seolah-olah menjadi kakak mereka. Dalam film “Geng”, Rajoo dikenali karena memiliki talenta istimewa yaitu berkomunikasi dengan hewan apalagi menjadi penerjemah bahasanya Oopet. Rajoo mempunyai seekor lembu bernama Sapy yang juga dijadikan alat pengangkut pribadinya.

sally16. Salleh
Salleh / Sally terkenal sebagai laki-laki feminim yang galak dan sirik.

17. Ah Tong
Ah Tong adalah Seorang pedagang yang berpakaian serba merah dan selalu berbicara dengan dialek Cina yang kuat.

18.Azzarudin
Azzarudin merupakan ayahnya Ehsan. Penampilan pertamanya dapat dilihat pada episode Juara Kampung (bagian 1), di mana dia bermain bulu tangkis bersama Ehsan.

Semoga animator dan insan perfilman di Indonesia mampu mencontoh bahkan membuat film yang lebih bagus dari Film Upin & Ipin (aamiin) karena  negeri kita kaya akan seni budaya yang bisa dijadikan bahan cerita…

sumber karakter tokoh dan gambar tokoh: http://about-cartoon-anime.blogspot.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s